Kamis, 30 April 2015

Online advertising dan Apa Kelebihannya

advertising sekarang ini menjadi salah satu pilihan bagi para marketer, perusahaan dan seller untuk mengenalkan produk dan jasa mereka kepada calon kunsumen. Perkembangan teknologi dan internet telah menciptakan tren baru dalam teknik promosi & advertising yaitu Online advertising dan website advertising.
Dibandingkan dengan bentuk iklan konvensional lain seperti penggunaan papan reklame besar, iklan TV, atau iklan di surat kabar, penggunaan iklan online dan internet marketing atau online advertising ini dianggap sebagai salah satu yang paling terjangkau namun merupakan bentuk iklan yang sukses. Hal ini karena harga yang relatif lebih murah dan jauh lebih mudah untuk mencapai sasaran pasar (tertarget), dibandingkan dengan mendirikan sebuah billboard atau iklan TV. Jadi apa sebenarnya online advertising atau internet advertising itu?



Online advertising secara singkatnya dapat dimaknai sebagai sebuah metode advertising dengan memanfaatkan media online untuk menyampaikan pesan marketing dan menarik pelanggan. Online advertising atau dalam istilah lain sering disebut juga internet advertising, website advertising atau yang terbaru social media advertising memanfaatkan internet untuk mendeliver pesan promosi marketing kepada calon konsumen/ customer. Menurut para professionasl Internet Advertising, iklan online meliputi iklan kontekstual pada halaman hasil mesin pencari (search engine advertising), social media advertising, email marketing, e-commerce, online classified advertising, mobile advertising, Rich Media Ads (iklan melibatkan media interaktif digital seperti audio dan video streaming), website banner advertising, dll.
Online advertising terus berkembang baik dari sisi pengiklan (advertiser) maupun penerbit iklan / penyedia iklan (publisher). Bagi pengiklan (advertiser) menggunakan Online advertising merupakan media promosi dan marketing yang cukup mumpuni untuk mendeliver pesan marketing mereka kepada konsumen. Online advertising memungkinkan jangkauan yang luas, dan bahkan memungkinkan pilihan penargetan sasaran iklan menurut demografi, usia, lokasi, dll sehingga iklan akan lebih efektip dan mencapai sasaran.
Dalam Online advertising, iklan biasanya ditampilkan berupa frame ads, floating ads, expanding ads, trick banners, interstitial ads, text ads dan rich media ads. Online advertising telah menciptakan sebuah paradigma baru dalam dunia marketing dan advertising. Setidaknya terdapat beberapa poin yang menjadi keuntungan dari Online advertising ditinjau dari beberapa aspek berikut :
Cost
biaya yang dikeluarkan dalam online advertising cenderung lebih murah dibandingkan dengan iklan konvensional lainnya seperti membuat iklan di TV, memasang baligho / billboard , atau iklan di surat kabar. Online ads memungkinkan efisiensi anggaran dengan penargetan sasaran iklan yang tepat berdasarkan kriteria pangsa pasar yang diinginkan seperti demografi, usia, interest, jenis kelamin, dll
Measurability
Iklan lebih terukur dan mudah dianalisis. Iklan yang dipasang bisa dipantau, dianalisis dan dihitung efektifitasnya.
Format Ads
format iklan bisa beragam, bisa ditampilkan berupa text, gambar, suara, video. Online advertising memungkinkan untuk penyesuaian iklan
Speed
Lebih cepat dan lebih mudah dalam pemasangan, implementasi dan delivery konten iklan. Online advertising menghemat banyak waktu jika dibangkan dengan iklan konvensional lainnya
coverage
Jangkauan lebih luas, tidak hanya lokal, namun anda bisa menjangkau pasar global.
Bagaimana dengan anda, tertarik untuk membuat iklan online untuk produk / usaha anda? sebaiknya membaca advertising website dan situs terbaik untuk memasang iklan online sebagai referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar